jump to navigation

Buku Akuntansi Sektor Publik May 8, 2008

Posted by pepiediptyana in Akuntansi Sektor Publik, Uncategorized.
trackback

Membaca buku bisa menyenangkan, dan bisa membingungkan. Tapi tenang…. menurut saya, bingung itu adalah suatu proses pembelajaran. Jadi, berbanggalah, jika ketika membaca, kita merasa bingung. Dengan bingung, akan ada rasa ingin tau, terus… dan terus… dan terus…. akhirnya, kita terus mencari jawaban kebingungan itu dengan membaca lagi, bukan dengan merepotkan atau membingungkan orang laen dengan kebingungan kita…. –> Nah lho, terlalu banyak kata “bingung” disini, sehingga saya membuat Anda pun menjadi bingung…. :-p

Bagi Anda yang ingin bingung (dan/atau ingin tahu) tentang topik Akuntansi Sektor Publik, ada beberapa buku yang menarik (menurut saya lagi, hehehe…..), yaitu :

  • Indra Bastian, 2006, Akuntansi Sektor Publik : Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga – Jakarta. –> menurut saya, buku ini yang menarik adalah bagian membuat indikator kinerja, pelaporan kinerja sektor publik. Buku ini komprehensif, di chapter 1 yang menjelaskan karakteristik ASP cukup menarik, teori akuntansi keuangan juga ada, sumber referensi kutipannya juga jelas, jadi bisa browse sumber aslinya jika ada kutipan yang kurang kita mengerti di buku ini, atau ada kutipan yang menarik untuk ditelusur. Oiya, di dua chapter terakhir, ada bab otoda dan pilkada….
  • Abdul Halim, 2007, Akuntansi Keuangan Daerah (edisi ketiga), penerbit: Salemba Empat – Jakarta. –> wah, buku ini menarik karena memberi gambaran praktik yang terjadi saat ini. Penulis menyajikan cara-cara menjurnal, ada dua versi : dengan jurnal kolorari, dan tanpa jurnal kolorari, nama-nama akun di laporan keuangan daerah, bagaimana integrasi antar akun-nya. Meski singkat, tapi cukup memberi gambaran. Oleh karena menunjukkan praktik yang sedang terjadi, maka buku ini mungkin saja akan cepat muncul edisi revisi, sesuai dengan kepmen yang berlaku. Bahasan tentang teori akuntansi-nya masih terbatas, tapi cocok untuk kita yang pengen tahu praktiknya
  • Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik, 2006, Telaah Kritis Standar Akuntansi Pemerintah, penerbit : BPFE UGM Yogyakarta. –> buku ini ditulis oleh banyak orang, berupa kumpulan artikel2. Namanya juga “telaah kritis”, jadi ya gitu deh, banyak mengupas tentang Standar Akuntansi Pemerintah berdasarkan teori akuntansi.
  • Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik, 2006, Telaah Kritis Buletin Teknis Standar Akuntansi Pemerintah, penerbit : BPFE UGM Yogyakarta. –> Ini juga menarik (buat saya). Telaah terhadap Buletin SAP dengan membandingkan antara teori akuntansi dengan apa yang ada di Buletin SAP, dan dampak2nya.
  • Deddi Noordiawan, 2006, Akuntansi Sektor Publik, penerbit : Salemba Empat - Jakarta. –> menurut saya, cocok untuk overview / sekilas pandang tentang akuntansi sektor publik, dan metoda penganggaran sektor publik.
  • Imam Ghozali, 2008, Akuntansi Keuangan Pemerintah Pusat (APBN) dan Daerah (APBD), penerbit : Badan Penerbit Univ. Diponegoro – Semarang. –> Cetakannya sederhana, tampilannya juga. Mungkin ini sengaja agar harganya bisa terjangkau. Sesuai judulnya, fokus buku ini adalah pada akuntansi pemerintahan. Yang menarik, prof. Imam ingin menyajikan keterkaitan antara laporan keuangan daerah dengan laporan keuangan pusat.

Sementara itu dulu….

Kalau ingin tau tentang akuntansi sektor publik, tapi untuk entitas selain Pemerintahan, sudah ada juga buku-bukunya…. misal, Akuntansi untuk Yayasan dan lembaga lain, yang ditulis oleh Dr. Indra Bastian. Walaupun, di dalam buku yang judulnya : “Akuntansi Sektor Publik”, umumnya juga ada 1-2 chapter yang membahas akuntansi untuk entitas non-pemerintah. Buku-buku Akuntansi Sektor Publik selain di atas juga ada…

Kalau boleh saya katakan bahwa : jika bidang akuntansi dan manajemen itu masing-masing digambarkan sebagai kurva, ada irisan antara kedua bidang tersebut, maka buku manajemen terpilih pun perlu disimak… Buku yang berupa kumpulan artikel ilmiah karya beberapa dosen di Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik berjudul Runtuhnya Sistem Manajemen Keuangan Daerah (2006), juga menarik. Buku ini diterbitkan oleh BPFE UGM Yogyakarta.

Saya rasa semua buku pasti ada sisi yang baru, berbeda dengan buku lain, dan menarik…. Yang menarik bagi saya, belum tentu menarik bagi Anda, bukan? ;-)

About these ads

Comments»

1. kuwats - May 12, 2008

Bu, coba dech liat web nya http://www.bppk.depkeu.go.id di sana ada juga beberapa buku yang bisa di download gratis.

2. Mukhtar A. Adam - May 16, 2008

sy tertarik dengan beberapa buku yg ada di atas saat ini juga saya tela memiliki buku2 tersebut, ada satu buku yang di tulis pak indra bastian tentang sistem perencanaan an pengangaran keuanagn daerah, dan buku-buku diatas terkesan memisahkan antara akuntansi dan capaian kinerja pemerintah daerah.jika sebuah pada sektor swasta laporan keuangannya pada laba, maka pada sektor publiknya seyogyanya ditentukan secara tegas sesuai dengan kebijakan umum anggara, yang merumuskan indikator pencapaian dalam setiap tahun (PP 6/2008), disini masih nampak pemisahanya, karena itu mestinya ilmuan AKS memikikan model baru dalam menentukan penilaian kinerja dalam kaintan laporan keuangan pada masing-masing SKPD

3. supri - May 16, 2008

ass
hehehe
iya jadi tau deh thx ya bu advicenya. kini q da tau asp dari buku
dedi nor. tapi kok banyak transaksi, pemahaman teori kurang. so baca di indra bastian hehehe
oya bu saya punya usul adanya tempat penelitian mahasiswa perbanas seperti halnya di universitas lainnya ex: petra, unair
jadi pengembangan unit ini dapat menguntungkan kampus dan mahasiswa sendiri

4. sup - May 30, 2008

bu
klo mau tau tentang perbankan ada di majalah info bank
selain itu bulan mei ada berita menarik sekali

5. bambang - July 17, 2008

dimana ya saya bisa dapatkan buku akt sekt publik mulai dari perenc DPA- SKPD sampai dengan neraca SKPD, supaya tidak ada kesimpangsiuran pemahaman.

6. syukriy - August 16, 2008

Saya sependapat dengan mbak Pepie tentang buku-buku di atas. Bagus-bagus lah… Semestinya dosen-dosen ASP yang lain juga nulis buku seperti itu, bukan sekedar good user atau good recommender. (Hehehehe….saya juga belum nulis sih.. :()
Untuk mas Bambang, saya kira buku terbaik tentang DPA-SKPD sampai ke Neraca SKPD, ya Permendagri 13/2006. Tapi, Permendagri ini juga masih multitafsir karena memang belum sempurna (terbukti dengan keluarnya Permendagri 59/2007 tentang perubahan Permendagri 13/2006).
Akuntansi pemerintahan di Indonesia memang unik. Bagi aparatur Pemda, aturan yang wajib dipenuhi adalah Permendagri 13/2006, sementara SAP (PP No.24/2005) hanyalah “aturan di hilir” yang diikuti setelah Permendagri 13 tuntas sampai ke laporan keuangan tersusun. Artinya, SAP digunakan waktu mengkonversi rekening2 ala Permendagri 13 ke rekening ala SAP.
Tapi, bagaimana pula penafsiran kita tentang basis pencatatan di SAP yang menggunakan cash basis towards accrual basis, yakni basis kas untuk pendapatan dan belanja dan basis akrual untuk rekening-rekening neraca (aset, kewajiban, ekuitas dana) ketika dikaitkan dengan pasal 36 UU No.17/2003 yang berbunyi: Ketentuan mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual…dilaksanakan selambat-lambatnya dalam 5 (lima) tahun. Selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas.?
Jika yang dimaksud oleh UU No.17/2003 adalah LK tahun 2008, berarti mulai tahun 2009 PP No.24/2005 sudah harus ada penggantinya yang murni menganut basis akrual…. (piye iki?)

7. syukriy - October 11, 2008

Untuk bahan diskusi:
1. Apa perbedaan akuntansi sektor publik public sector accounting dengan akuntansi pemerintahan?
2. Mata kuliah yang tepat untuk diajarkan di level S1 jurusan akuntansi di Indonesia itu, yang mana? ASP atau AkPem?
3. Siapakah yang berkompeten mengajar ASP atau AkPem? Apakah dosen yang pernah menjadi konsultan Pemda, dosen murni (tidak pernah mroyek di Pemda), atau tim gabungan (dosen murni + praktisi/PNS di pemda/pempus)?
4. Buku teks yang bagaimana sebenarnya yang harus digunakan? Seperti beberapa buku teks di atas, tentunya masing-masing memiliki kelebihan sekaligus kekurangan….

Sekedar komerntar:
Buku yang “ditulis urunan” oleh anggota Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik isinya banyak yang ngawur dan tidak mendasar. Kalau yang membaca adalah mahasiswa yang tidak atau belum paham Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), yang diatur dalam PP No.24/2005, maka akan banyak yang kesasar.
Saya menduga hal ini disebabkan para penulis yang “mengkritisi” PSAP satu per satu tidak paham apa beda antara SAK dan SAP. Misalnya, bagaimana menjurnal pembelian persediaan (seperti alat tulis kantor) atau menjurnal pembelian aset tetap.
Mestinya mereka mengerti dulu apa yang disebut dengan budgetary accounting dan praktik pengelolaan keuangan daerah di pemda (seperti diatur dalam PP No.58/200). Saya mengenal beberapa orang dari anggota tim penulis itu dan sudah berdiskusi dengan mereka…
So, kita harus berhati-hati ketika menggunakan buku-buku tersebut… Alangkah baiknya dengan menkiritisi untuk nanti dibuatkan lagi edisi revisinya.
Semoga sukses selalu…dan ASP bisa menjadi mata kuliah utama. Amin.

8. Adi - October 14, 2008

Mumet belajar akuntasi…
Santai dulu ah, liat lirik lagu sambil dengerin lagu online..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: